Skip to main content

Fhilia Azkayra 'Cerpen'

Fhilia Azkayra
Seorang bayi perempuan mengucap salam pada dunia lewat tangisan pertamanya. Salah satu rumah sakit ternama nan mewah di Kota Palopo menjadi saksi kelahirannya.
Aku punya sedikit cerita tentang rumah sakit ini. Namanya Rumah Sakit Mega Buana. Dulu ia adalah sebuah hotel bernama Hotel Mega Buana. Pernah aku berpikir dan bertanya dalam hati, “Kenapa hotel dirubah jadi rumah sakit? Bukankah banyak biaya? Kan, hasilnya tetap bisa menghidupi pemiliknya?” Belakangan ini jawabannya baru kutemui, “Mungkin pemilik rumah sakit ingin menghanyutkan segala dosa maksiat yang pernah mengalir. Dengan menjadi rumah sakit bisa jadi semua terbayarkan.” Untung saja tidak sebaliknya, jika demikian pastilah aku bertambah pusing.
Pukul. 11.20 wita, 20 desember 2017, seorang bayi dengan berat 2,3kg dan panjang 47cm telah lahir normal, tanpa caesar. Kehadirannya membuat banyak orang bungkam. Selama 4 tahun sepasang suami istri hidup dalam cibiran dan cerita miring, membuat telinga panas dan hati tak tenang ketika mereka ditanya, “Kenapa belum punya anak?” bahkan ada yang lebih keras, “Jangan-jangan kamu mandul?”
Pertanyaan-pertanyaan itu selalu terngiang ketika malam menjelang tidur, membuat mata tetap terjaga meski kantuk menyerang. 
Itu adalah sepenggal kisah dariku. Sungguh beruntung karena kami dibekali etika dan moral dalam keluarga. Kami dituntut tetap sopan, tidak terpancing emosi pada mereka yang sengaja menebar duri, kalimat bak sembilu penyayat hati harus ditanggapi seutas senyum. Kalimat penghibur kami adalah, “Bukankah rencana Allah lebih baik dari rencana manusia? Yang menurut manusia baik belum tentu baik menurut Allah...”
Lewat kelahiran anak pertamaku, aku benar-benar  merasa keadilan Sang Pencipta. Dua hari sebelumnya, istri ponakanku juga melahirkan tapi dengan biaya selangit sementara aku dan istriku tidak mengeluarkan biaya sepeserpun mulai dari prosesi persalinan hingga keluar dari rumah sakit. Aku dan ponakanku jika dibandingkan secara ekonomi maka akan tampak jarak yang begitu jauh. Andaikata posisinya dibalik maka aku takan pernah tahu bagaimana nasibku, mungkin sampai sekarang aku masih sibuk mencari uang tebusan. Tapi itulah, Allah Maha Bijak, bekerja dengan cara yang sangat halus sehingga kami bisa menerima kenyataan tanpa harus menyalahkan siapa-siapa.
Tanggal, 13 maret 2018,  hampir tiga bulan setelah kelahiran, sekitar pukul 21.30 wita malam ini aku tertawa sendiri saat mengajak bercengkrama seorang bayi yang hanya tahu menangis dan senyum, dialog antara ayah dan anak ini hanya kami yang paham. Saat kupandang lekat-lekat wajah anakku, aku mulai berpikir ternyata Tuhan dan para malaikat membutuhkan waktu 4 tahun merancang rupa seorang bayi perempuanku ini agar terlihat sempurna. Matanya bulat dan tajam, garis hidungnya memberi kesan lembut, bibirnya merekah seperti mawar, alisnya hitam dan tebal, rambutnya lurus. Semoga wajah ini adalah cerminan jiwa yang kami harap. Fhilia Azkayra namanya.
Fhilia Azkayra secara etimologi terdiri dari tiga suku kata; Fhilia, Azka dan Khayra. Nama Fhilia berawal dari kecintaanku terhadap Ilmu Filsafat. Ilmu yang membawaku pada cara berpikir kritis. Ilmu yang kudalami saat kuliah dulu. Ilmu yang membuatku tertantang saat seorang dosen mengatakan “Hati-hati belajar filsafat. Kamu bisa gila...” begitu katanya.
Filsafat tidak serimut apa yang dipikirkan. Yang membuatnya terkesan rumit adalah karena kita dituntut berpikir sampai ke akar, agar menemukan jawaban yang semestinya, bukan kira-kira atau menebak. Ilmu Filsafat secara umum akan membawa orang pada ‘cinta bijaksana’ karena begitulah arti secara harfiah. Dengan menggunakan ontologi, epistimologi dan aksiologi sebagai landasan berpikir maka akan kita temukan bahwa sesuatu tidak selalu tampak seperti adanya, kita diajak untuk melihat sesuatu menggunakan kaca mata yang lebih luas. Saya tidak mengatakan bahwa saya ahli filsafat dan semoga tak ada yang mengatakan itu. Saya hanya mencoba mengupas keterkaitan antara filsafat dan nama yang kuberi pada anakku.
Dalam bahasa Yunani fhilo atau fhilia artinya cinta dan sophi atau sophia berarti kebijaksanaan. Jadi nama 'fhilia' yang melekat pada kata pertama anakku adalah 'cinta'.
Dalam perjalan hidup seseorang pasti akan menempuh jalan berbeda-beda untuk tujuan hidupnya seperti juga aku. Ilmu filsafat yang kugandrungi ternyata tidak bisa membawaku pada puncak spiritual tertinggi sehingga aku harus mencebur diri dan menyelam agama lebih dalam. Aku dilahirkan dalam keluarga yang beragama islam. Aku sadar bahwa islam adalah sebaik-baik pelajaran. Keyakinanku tidak akan kutukar hanya karena cinta pada filsafat ala Eropa. Rasanya tidak adil jika nama anakku hanya berbau Yunani, aku ingin agar kiranya anakku tetap memegang prinsip islam. Oleh karena itu, kupilih dua kata Arab yakni 'azka' yang berarti suci dan 'khayra' artinya dihormati, lalu kugabungkan menjadi Azkayra, suci dan dihormati. 
Fhilia Azkayra adalah dua budaya besar yang tergabung dalam diri seorang anak, Yunani dan Arab. Sebagai orang tua tentu nama adalah wakil dari pribadi yang diharapkan untuk si buah hati begitu juga dengan kami. Anak gadis kecil mungil ini kami harapkan tumbuh menjadi pribadi yang penuh dengan cinta, menebar cinta sesama makhluk Allah, suci lahir dan batin sehingga harapan dengan cinta dan kesucian ia bisa dihormati oleh penduduk bumi dan langit begitulah arti dari Fhilia Azkayra.

Comments

Popular posts from this blog

Aku Bukan Gila 'Cerpen'

Suatu hari aku duduk di teras  showroom  dekat parkiran sebuah perusahaan swasta. Sebuah kantor sekaligus  showroom  yang posisinya sangat strategis, berada pas di perempatan sebelah utara PNP (Pusat Niaga Palopo) lebih dikenal dengan nama pasar sentral. Tempat ini sangat banyak dikunjungi orang, namanya juga daerah pasar, salah satu daerah yang cukup padat, banyak pejalan dan pengendara lalu-lalang, pergi-pulang pasar, secara otomatis banyak lewat di depan  showroom , tak jarang ada pengunjung yang datang dengan niat awal pergi ke pasar tapi akhirnya malah singgah membeli beberapa  furniture  dan barang elektronik yang tersedia di  showroom . Dentuman suara dari speaker system ‘home teater’ merek ternama yang dipajang—sengaja diputar—untuk menjadi magnet penarik pelanggan. Biasalah, ini strategi pemasaran. Aku bekerja sebagai  salesman  di sini . Sebagai sales  kami memiliki tanggung jawab yang cukup besar, kegiatan penjualan produk berada di tangan kami. Hal yang sangat waj

Kesal Jadi Sesal 'Cerpen'

"Aku mengintip di balik tirai kamar yang sesekali bergoyang diterpa angin dari pintu utama, kulihat dia menangis, jari kecilnya mengusap-usap kedua kakinya. Wajah polos yang tak berdosa itu buatku merasa sangat menyesal." *** Aku bekerja sebagai office boy di sebuah penginapan di kotaku, Kota Palopo, kata orang ini kota idaman dengan keanekaragaman budayanya. Sebuah kota kecil di Sulawesi Selatan yang jaraknya 8 jam dari ibukota provinsi, Kota Makasar. Hari ini aku minta izin pulang sedikit lebih awal karena sudah seminggu adikku sakit, panas badannya tak kunjung turun walau sudah kuberi obat. Sore itu, aku berjalan menyusuri gang sempit menuju rumahku. Sebenarnya aku malas lewat sini, becek, tapi apa mau dikata hanya ini penghubung satu-satunya ke rumahku. Setiba di rumah kucari adikku, semua ruangan telah habis kugeledah namun hasilnya nihil, dia tidak ada. Rasa khawatir menyerang karena tak ada petunjuk, setidaknya ada orang yang bisa ku tanya di mana adikku.